Dua Sisi Pada Keberadaan Model Kartu Grafis NVIDIA TITAN Xp Star Wars Collector’s Edition Terbaru

Setelah sempat dihebohkan melalui teaser cuplikan videonya yang membuat banyak kalangan menduga-duga pesan tema duel berwarna merah dan hijau yang ingin disampaikan, akhirnya kartu grafis TITAN Xp Collector’s Edition terbaru besutan NVIDIA yang sangat dinanti keberadaannya telah secara resmi diumumkan ke khalayak.

Meleset dari banyaknya asumsi terkait tema duel warna merah dan hijau yang menganggap sebagai 2 kubu yang berseteru yaitu AMD versus NVIDIA, kartu grafis gaek terbaru ini justru hadir dalam dua varian model bertema Star Wars untuk membiarkan Anda merangkul sisi terang/kegelapan. Di sudut merah, Anda disodorkan pada Galactic Empire, yang digambarkan NVIDIA sebagai “garis sederhana dan bersih, meniru sifat tinggi dan tertib dari Galactic Empire yang kaya sumber daya alam”.

Sedangkan di sisi hijaunya, tampaknya Anda akan terafiliasi bersama Jedi Order, yang memiliki penutup aluminium diecast yang telah usang untuk mewakili sistem peralatan perang lama seadanya yang paling sering digunakan oleh Rebel Alliance (Aliansi Pemberontak).

Kedua model kartu grafis tampak sama-sama dibekali area berjendela yang memungkinkan Anda bisa mengintip perangkat keras GPU yang kuat yang tersembunyi di bawahnya, disamping juga Anda akan melihat logo untuk masing-masing sisi yang ada ditempatkan di atas kipas blower. NVIDIA juga telah memperluas tema terang/kegelapannya ke kemasan ritel, karena kartu grafis Jedi Order memiliki kotak eksterior yang berwarna putih, sementara kartu grafis Galactic Empire tentu saja terletak di dalam kotak hitam.

Sejauh ini NVIDIA tampaknya tidak mengubah spesifikasi apapun dari TITAN Xp Collector’s Edition unggulannya tersebut dan hanya lakukan mmakeover tampilan sisi luarnya saja sehingga Anda akan masih dapat menemukan akses ke GPU Pascal dengan spesifikasi sebagai berikut:

– Memori GDDR5X 12GB beroperasi pada 11,4 Gbps

– Bandwidth memori maksimum 548Gbps

– 3.840 core CUDA yang berjalan pada clock speed 1.6GHz

– 12 TFLOP daya hitung

 

Meskipun baru akan tersedia secara luas mulai tanggal 17 November yang akan datang, namun pengguna GeForce Experience akan mendapatkan kesempatan untuk memesan kartu grafis NVIDIA TITAN Xp Star Wars Collector’s Edition terbaru ini pada tanggal 8 November melalui NVIDIA Store dengan banderol harga $ 1.200 atau sekitar 16,2 jutaan rupiah, yang sama persis dengan harga standar TITAN Xp.

 

Sumber:beritateknologi

Leave a comment